• Portal UGM
  • DTETI
  • Palawa
  • Magister
  • Pusat TI
  • Email
  • Alumni
Universitas Gadjah Mada PROGRAM PASCASARJANA
DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • Beranda
  • Profil
    • Pengelola
    • Dosen DTETI
    • Fasilitas
    • Sertifikat Akreditasi
  • Pendaftaran
    • Program Magister
      • Persyaratan Pendaftaran
      • Prosedur Pendaftaran
      • Alur Pendaftaran
      • Dokumen Admisi Magister
    • Program Doktor
      • Prosedur Pendaftaran Doktor
      • Seleksi Internal Prodi
    • Beasiswa Dalam Negeri
    • Beasiswa Luar Negeri
  • Akademik
    • Kesekretariatan
      • Permintaan Dokumen Akademik
      • Pembuatan Refrence Letter
    • Pelayanan Dokumen di Fakultas Teknik
    • Kalender Akademik UGM
    • Aturan Penggantian Judul/Pembimbing Tesis
    • Unduh Kelengkapan Tesis
    • Syarat Ujian Pra dan Pendadaran
    • Syarat Wisuda
    • Tracer Study Alumni
  • Magister
    • Program Studi
      • Magister Teknik Elektro Reguler
      • Magister Teknik Elektro by Research
      • Magister Teknologi Informasi Reguler
      • Magister Teknik Informasi by research
    • Lulusan Program Magister
  • Doktor
    • Program Studi
      • Doktor Teknik Elektro
      • Doktor Teknik Elektro by Research
    • Panduan Akademik Doktor Teknik Elektro
    • Lulusan Program Doktor
  • International Student
    • Registration
    • About UGM
  • Beranda
  • Admisi
  • Prosedur Pendaftaran Program Magister

Prosedur Pendaftaran Program Magister

  • Admisi
  • 21 August 2022, 01.54
  • Oleh: anugrahanto
  • 0
      1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik di sini.
      2. Pastikan tidak keliru dalam memilih jalur pendaftaran:
        • Jalur Biaya Sendiri.
        • Jalur Pelamar Beasiswa. Diperuntukkan bagi semua pelamar yang mengajukan lamaran beasiswa, akan tetapi sampai dengan kunci data UM UGM belum memperoleh kepastian mendapatkan support beasiswa. Bukti melamar beasiswa bisa berupa Nomor pendaftaran/web capture aplikasi pendaftaran beasiswa untuk diunggah ke UM UGM.
        • Jalur Kerja sama. Diperuntukkan bagi semua pelamar yang sudah mendapatkan kepastian support beasiswa pada saat melakukan kunci data UM UGM. Bukti berupa LoS/LoG, bisa diupload ke UM UGM.
        • Jalur Alumni DTETI Berprestasi (Magister dan Doktor)
        • Kesalahan dalam memilih jalur beasiswa akan merepotkan pelamar di kemudian hari, mohon berhati-hati dalam menetapkan jalur pendaftaran.
      3. Melakukan pendaftaran secara online, klik di sini.
        1. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Panitia hanya memproses dokumen yang sesuai dengan ketentuan.
        2. Siapkan data nomor pendaftaran/peserta tes potensi akademik dan tes kemampuan Bahasa Inggris.
        3. Siapkan hasil pemindaian (scan) dokumen asli di bawah ini (ukuran minimal 150KB dan maksimal 800KB untuk masing-masing file; hasil pemindaian dokumen harus dapat dibaca dengan jelas untuk keperluan verifikasi), kemudian diunggah pada saat mendaftar online. Merekayasa/memalsukan dokumen adalah perbuatan melawan hukum.
    No Dokumen Format
    (1) Ijazah program pendidikan sebelumnya *.pdf
    (2) Transkrip akademik program pendidikan sebelumnya (semua halaman, memuat IPK) *.pdf
    (3) Sertifikat/bukti akreditasi program studi program pendidikan sebelumnya (akreditasi saat ini) *.pdf
    (4) Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

    • Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA PLTI) skor min 500., Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM skor min 500, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS skor min 500, Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    *.pdf
    (5) Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM skor min 209 (syarat pendadaran wajib 268), Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) skor min 450 (syarat pendadaran wajib 500), Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh British Council/IALF/IDP skor min 5 (syarat pendadaran wajib 5,5), Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
    • Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF skor min 46 (syarat pendadaran wajib 61), Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF skor min 450 (syarat pendadaran wajib 500), Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
    *.pdf
    (6) Surat ijin belajar atau tugas belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    (7) Dokumen Surat Penetapan sebagai penerima beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama) *.pdf
    (8) Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini) *.pdf
    (9) Proposal usulan penelitian Tesis. *.pdf
    (10)

    Video Usulan Penelitian (maksimal 5 menit). Tidak untuk diunggah ke UM UGM, melainkan diunggah ke G-Form Admisi DTETI

    *mp.4
    (11) Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini). *.pdf
    1. Mengisikan data nama dan alamat email dari 2 (dua) orang yang diminta memberi rekomendasi.
      Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif.
    2. Membayar biaya pendaftaran sesuai petunjuk yang tercantum dalam tahapan pembayaran. Biaya pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat ditarik kembali atau dialihkan untuk orang lain/periode berikutnya dengan alasan apapun.
      Pendaftar pada salah satu gelombang yang tidak diterima karena belum memenuhi syarat skor TKBI dan Tes Potensi, disilakan mendaftar di gelombang berikutnya dengan memenuhi syarat tersebut, maka pendaftarannya dapat dibebaskan dari biaya pendaftaran. Silakan hubungi program studi tujuan Saudara.
    3. Mencetak dan menyimpan Bukti Pendaftaran Saudara. Bukti Pendaftaran digunakan untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.

    Panduan Pengisian Rekomendasi oleh Peserta dan Pemberi Rekomendasi dapat dilihat DISINI

 

sumber disalin dari um.ugm.ac.id (dengan dilengkapi ketentuan Prodi).

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Recent Posts

  • Heregistrasi Camaba Pasca DTETI 2025/2026 GENAP (Gelombang 2)
  • Pendaftaran Pascasarjana DTETI T.A 2025/2026 Semester Genap dibuka mulai 21 Oktober 2025
  • DEIE Scholarship – Even Semester (Starting February 2026)
  • Pelaksanaan KRS Online Periode Gasasl 2025/2026
  • Pengumuman Penerima Beasiswa Doktor dan Magister DTETI Semester Gasal TA 2025/2026
Universitas Gadjah Mada

Program Pascasarjana
Departmen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No. 2 Kampus UGM, Yogyakarta 55281
teti@ugm.ac.id
+62 (274) 552305
+62 (274) 552305

© DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNOLOGI INFORMASI

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY