• Portal UGM
  • DTETI
  • Palawa
  • Magister
  • Pusat TI
  • Email
  • Alumni
Universitas Gadjah Mada PROGRAM PASCASARJANA
DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNOLOGI INFORMASI
  • Beranda
  • Profil
    • Pengelola
    • Dosen DTETI
    • Fasilitas
    • Sertifikat Akreditasi
  • Pendaftaran
    • Program Magister
      • Persyaratan Pendaftaran
      • Prosedur Pendaftaran
      • Alur Pendaftaran
      • Dokumen Admisi Magister
    • Program Doktor
      • Prosedur Pendaftaran Doktor
      • Seleksi Internal Prodi
    • Beasiswa Dalam Negeri
    • Beasiswa Luar Negeri
  • Akademik
    • Kesekretariatan
      • Permintaan Dokumen Akademik
      • Pembuatan Refrence Letter
    • Pelayanan Dokumen di Fakultas Teknik
    • Kalender Akademik UGM
    • Aturan Penggantian Judul/Pembimbing Tesis
    • Unduh Kelengkapan Tesis
    • Syarat Ujian Pra dan Pendadaran
    • Syarat Wisuda
    • Tracer Study Alumni
  • Magister
    • Program Studi
      • Magister Teknik Elektro Reguler
      • Magister Teknik Elektro by Research
      • Magister Teknologi Informasi Reguler
      • Magister Teknik Informasi by research
    • Lulusan Program Magister
  • Doktor
    • Program Studi
      • Doktor Teknik Elektro
      • Doktor Teknik Elektro by Research
    • Panduan Akademik Doktor Teknik Elektro
    • Lulusan Program Doktor
  • International Student
    • Registration
    • About UGM
  • Beranda
  • Admisi
  • Persyaratan Pendaftaran Program Magister

Persyaratan Pendaftaran Program Magister

  • Admisi
  • 21 August 2022, 01.40
  • Oleh: anugrahanto
  • 0

Berikut dokumen yang diperlukan untuk mendaftar Program Magister:

1. Scan Ijazah asli dari program pendidikan sebelumnya (S1 atau setara) dari Program Studi yang terakreditasi dalam bidang ilmu yang sesuai dan/atau berkaitan dan disetujui oleh Program Magister yang akan diikuti;
2. Scan Transkrip nilai asli dengan Indeks Prestasi Kumulatif pada program S1 atau setara;

Akreditasi Prodi A/Unggul, minimal IPK 2,5
Akreditasi Prodi B/Baik Sekali, minimal IPK 2,75
Akreditasi Prodi C/Baik, minimal IPK 3,00

3. Scan Sertifikat akreditasi program studi pada program S1 atau setara, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan hasil pemindaian sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku;
  2. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN-PT/LAM-PTKes yang diperoleh dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Surat keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan tidak berlaku;
  3. Pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai surat keputusan penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD sebagai pengganti sertifikat akreditasi
4. Scan Sertifikat hasil tes potensi yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes potensi:

Pilih salah satu dari pilihan berikut:

Jenis Keterangan
PAPs UGM (Skor minimal 500).
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPDA PLTI (Skor minimal 500).
Contoh Sertifikat Tes Potensi Dasar Akademik PLTI dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TPA BAPPENAS (Skor minimal 500).
Contoh Sertifikat Tes Potensi Akademik Bappenas dan Jadwal Pelaksanaan Tes

 

5. Scan Sertifikat hasil tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku (maksimum 2 tahun dari tanggal dikeluarkannya sertifikat). Panitia hanya menerima hasil tes kemampuan Bahasa Inggris:

Pilih salah satu dari pilihan berikut:

Jenis Keterangan
AcEPT UGM (Saat mendaftar, boleh minimal 209 (lebih diutamakan bagi yang sudah 268), saat ujian pendadaran Wajib 268).
Contoh Sertifikat Academic English Proficiency Test (AcEPT) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
TOEP PLTI (Saat mendaftar, boleh minimal 450 (lebih diutamakan bagi yang sudah 500), saat ujian pendadaran Wajib 500).
Contoh Sertifikat Test of English Proficiency (TOEP) dan Jadwal Pelaksanaan Tes
International English Testing System (IELTS) (Saat mendaftar boleh minimal 5, (lebih diutamakan yang sudah mencapai 5,5), saat ujian pendadaran wajib 5,5).
Contoh Sertifikat International English Testing System (IELTS) dan Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IDP, Jadwal Pelasanaan Test IELTS Bristish Council, Jadwal Pelaksanaan Tes IELTS IALF
Internet-Based (iBT) TOEFL (Saat mendaftar boleh minimal 46, (lebih diutamakan yang sudah mencapai 61), saat ujian pendadaran wajib 61).
Contoh Sertifikat Internet-Based Test (iBT) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
Institutional Testing Program (ITP) TOEFL (Saat mendaftar boleh minimal 450, (lebih diutamakan yang sudah mencapai 500), saat ujian pendadaran wajib 500).
Contoh Sertifikat Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dan Jadwal Pelaksanaan Tes
6. Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada program pendidikan sebelumnya, Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja pendaftar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM  kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif;
7. Syarat khusus wajib:

  1. Proyeksi keinginan calon Mahasiswa dalam mengikuti Program Magister yang berisi antara lain rencana topik/minat penelitian serta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di sini);
  2. Proposal usulan penelitian Tesis.
  3. Membuat Video Presentasi rencana penelitian (maksimal waktu 5 menit), diunggah ke G-Form Admisi DTETI
8. Surat ijin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja (format dapat diunduh di sini);
9. Dokumen Surat Penetapan sebagai Penerima Beasiswa yang masih berlaku (khusus bagi pendaftar jalur kerjasama);
10. Dokumen Surat Pernyataan Keaslian Dokumen (format dapat diunduh di sini).

*) Merekayasa/memalsukan dokumen pesyaratan merupakan perbuatan yang melanggar hukum.

sumber disalin dari um.ugm.ac.id (dengan dilengkapi ketentuan Prodi).

Recent Posts

  • Heregistrasi Camaba Pasca DTETI 2025/2026 GENAP (Gelombang 2)
  • Pendaftaran Pascasarjana DTETI T.A 2025/2026 Semester Genap dibuka mulai 21 Oktober 2025
  • DEIE Scholarship – Even Semester (Starting February 2026)
  • Pelaksanaan KRS Online Periode Gasasl 2025/2026
  • Pengumuman Penerima Beasiswa Doktor dan Magister DTETI Semester Gasal TA 2025/2026
Universitas Gadjah Mada

Program Pascasarjana
Departmen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada
Jl. Grafika No. 2 Kampus UGM, Yogyakarta 55281
teti@ugm.ac.id
+62 (274) 552305
+62 (274) 552305

© DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNOLOGI INFORMASI

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY