SILABUS MINAT CIO

  • PDF
  • Print
  • E-mail

CIO 611 - Manajemen Strategis – 2 SKS
Mata kuliah ini mencakup berbagai keputusan manajemen dan tindakan dalam pengembangan kinerja korporasi jangka panjang, diantaranya menyangkut faktor lingkungan, formulasi strategis, implementasi strategis, evaluasi dan kontrol.

Strategi organisasi diarahkan pada penyelarasan sumber daya dan kemampuan manajemen TI internal dengan lingkungan bisnis eksternal.

Proses manajemen strategik TI dapat dimanfaatkan untuk memahami berbagai kekuatan kompetitif dan mengembangkan keunggulan kompetitif secara sistematis, konsisten, dan berkesinambungan sejalan dengan kecenderungan pada kompetisi baru berdasarkan perkembangan teknologi dan globalisasi.


CIO 612 - Asas-asas Teknologi Informasi dan Tekbnologi Informasi Masa Depan – 2 SKS
Aspek-aspek yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi konsep-konsep dasar sistem teknologi
informasi (hardware, software, dan brainware), sejarah perkembangannya, dan kecenderungan
pengembangannya di masa depan.

CIO 613 - Layanan Elektronis – 2 SKS
Matakuliah ini mempelajari tentang paradigma baru yang muncul akibat pengaruh teknologi informasi dalam berbagai bidang administrasi maupun bisnis. Teknologi komputer tidak hanya mempercepat pekerjaan dan pengelolaan informasi saja, tetapi sering juga memunculkan ide-ide atau peluang-peluang baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. Pada akhirnya ide-ide baru ini akan membentuk cara pandang dan cara melakukan pekerjaan dalam berinteraksi yang berbeda (new ways of doing) dibandingkan cara-cara tradisional.

Aspek-aspek yang dibahas dalam matakuliah ini meliputi kecenderungan masa depan (future trends) dalam penyediaan layanan, pandangan dan cara-cara baru, teknologi pembangun, prospek dan tantangan penerapannya di lingkungan lokal, dan strategi implementasinya.

CIO 614 - ASPEK LEGAL, EKONOMI, DAN ANGGARAN TEKNOLOGI INFORMASI – 2 SKS
Matakuliah ini berisi tentang aspek hukum dan ekonomi (makro dan mikro) dari teknologi informasi. Pemahaman akan aspek hukum sangat diperlukan bagi mahasiswa, diawali dengan pemahaman informasi dan transaksi elektronik, alat bukti elektronik, pelanggaran hukum di dunia maya, hak cipta dan paten di bidang TI, diakhiri dengan produk hukum (nasional dan internasional) TI. Ekonomika TI sangat penting dipahami dengan tujuan agar kompetensi mahasiswa di hal-hal berikut dimiliki, yaitu : technology and market structure, market for information goods, internet boom, computer mediated transaction, industri manufacture dan jasa TI, anggaran.


CIO – 615 - Informatika Sosial – 2  SKS
Matakuliah ini membahas karakteristik interaksi antara dunia Teknologi Informasi dengan masyarakat dari aaspek sosial. Agar teknologi informasi dapat diimplementasikan dengan tepat dalam masyarakat, maka perlu diketahui karakteristik manusia sebagai pribadi, karakteristik sosial organisasi, sampai dengan karakteristik sosial masyarakat. 

Dengan mengetahui karakteristik-karakteristik tersebut diharapkan teknologi informasi akan efektif diimplementasikan di masyarakat dan dapat memberikan nilai tambah yang diharapkan.


CIO 621- Audit dan Evaluasi Teknologi Informasi – 2 SKS
Implementasi Teknologi Informasi saat ini di banyak organisasi (baik di instansi bisnis ataupun pemerintahan) sudah menjadi kebutuhan. Tidak hanya berfungsi secara operasional, tetapi Teknologi Informasi sangat berperan bagi keunggulan bersaing. Namun demikian, perkembangan dan penerapan Teknologi Informasi yang begitu pesat telah membawa konsekuensi atau tidak jarang dikatakan mengandung berbagai risiko, di antaranya semakin mudah dan terbuka bagi orang yang tidak berhak mengakses data atau biasa dikenal data vulnerability hingga permasalahan performa yang tidak tidak memadai akibat ketidaksesuaian antara kebutuhan bisnis dan instalasi perangkat Teknologi Informasi.

Karena itu dibutuhkan pemetaan awal terhadap kondisi Teknologi Informasi di suatu organisasi untuk memberikan gambaran kondisi yang ada. Pemetaan dilakukan untuk mengetahui tingkat kerawanan data terhadap penyerangan baik dari internal maupun eksternal seperti hackers atau crackers, selain sebagai acuan untuk mengembangkan suatu sistem kemanan data secara menyeluruh mulai mengamankan jalur aliran data hingga pendeteksian keaslian dan keutuhan data yang sampai seperti yang dilakukan oleh teknik enkripsi. Pemetaan juga berfungsi sebagai langkah awal untuk mendefinisikan strategi assesment dan audit terhadap teknologi informasi antara lain area apa saja yang diaudit, dan apa manfaatnya bagi organisasi.


CIO 622- Keselarasan Strategi Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis – 2 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang perlunya keselarasan antara strategi TI dengan strategi bisnis, yang sifatnya dinamis mengikuti perkembangan internal dan eksternal suatu organisasi. Selain fenomena yang mendasari pemikiran tentang keselarasan strategik, mata kuliah ini juga membahas tentang berbagai usaha yang dilakukan oleh beberapa perusahaan/ organisasi diberbagai negara, baik negara yang sedang berkembang maupun di negara berkembang. Perkuliahan akan didominasi oleh pemaparan artikel yang sudah dan akan dipersiapkan dan diskusi mengenai konsep dan kasus yang diutarakan dalam artikel.

CIO 631 - Keamanan Sistem dan Jaringan Komputer – 3 SKS
Mata kuliah ini membahas tentang
1.    Konsep keamanan jaringan komputer dan keamanan operasional jaringan komputer.
2.    Keamanan koumunikasi dan infratruktur.
3.    Dasar-dasar Cryptography.
4.    Perancangan keamanan jaringan
5.    Implementasi software keamanan jaringan untuk jaringan kecil.


CIO 632 – Metodologi Riset – 2 SKS

CIO 624 - Workshop Manajemen Kebijakan dan Strategi TI – 3 SKS

CIO 633 - Workshop Manajemen Operasional Teknologi Informasi – 3 SKS

CIO 641 - Seminar Penelitian – 3 SKS

CIO 699 - Tesis – 6 SKS