ANDA SEDANG BERADA DI

HomeKurikulumKurikulum Baru (2009)

Kurikulum 2009

.:: PENDAHULUAN ::.

Salah  satu tujuan  pembangunan  Indonesia  adalah  menciptakan  industri  yang kuat, maju, mandiri,  seimbang  dan serasi dengan  tujuan  praktis  yang ada dalam masyarakat.  Hal itu dicapai  antara  lain  dengan  penguasaan  ilmu  dan  teknologi,  penguasaan  manajemen, penyediaan  sumber daya yang berkualitas,  serta sikap para pelaku industri yang profesional dan berdisiplin  nasional yang tinggi.

Perkembangan  ilmu,  teknologi  dan pembangunan  nasional  membutuhkan  manusia yang berkemampuan  dan berkualitas  tinggi,  baik dalam  ilmu maupun  dalam  pengalaman keahliannya.  Hanya  melalui  peningkatan  mutu  manusia  itulah  kesinambungan  berbagai pengembangan  ilmu dan teknologi  dapat dipertahankan  ditengah  jalinan  disiplin  keilmuan yang makin majemuk dan komples.

Sumbangan  keahlian     yan g  lebih  profesional  bagi  kepentingan  pelaksanaan pembangunan,  serta kemampuan  untuk mengikuti  laju perkembangan  ilmu dan teknologi dirasakan  sebagai tuntutan  yang makin  mendesak  dalam segala bidang,  termasuk  bidang teknik elektro. Selain menguurusi  bidang yang biasanya disebut teknik elektro, kurikulum  di Jurusan Teknik Elektro UGM mencakup pula bidang teknik komputer dan informatika,  karena dewasa ini teknik elektro, teknik komputer dan informatika batasnya sudah tidak jelas. Untuk memenuhi  kebutuhan  itulah  Jurusan  Teknik  Elektro  UGM  menyelenggarakan  program pendidikan  S2 sebagai  dicoba  dijelaskan  disini. Pada azasnya  program  ini mencakup  tiga konsentrasi studi yang terkait satu sama lain, yaitu:
  • STL = Sistem Tenaga Listrik,
  • SIE = Sistem Isyarat Elektronis,
  • SKI = Sistem Komputer dan Informatika.

 

.:: TUJUAN PENDIDIKAN ::.

Program  pendidikan  Magister  di Jurusan  Teknik  Elektro  Universitas  Gadjah  Mada disusun untuk menghasilkan  lulusan yang :
  1. Mampu  secara  profesional  menerapkan  berbagai  ilmu  dan  ketrampilan  yang  telah diperolehnya  untuk kepentingan  masyarakat  dan umat manusia  pada umumnya,  serta merumuskan  dan memecahkan  masalah  teknis  elektro  yang  kompleks  secara  kreatif, inovatif dan imaginatif,
  2. Mampu melakukan penelitian secara mandiri dan kerjasama yang baik yang bersifat terapan maupun  eksploratif-eksperimental,  serta mampu memanfaatkan  perkembangan  teknologi mutakhir dan pengetahuan  bidang lain yang gayut dengan teknik elektro,
  3. Mampu menanggapi dan beradaptasi terhadap situasi, perubahan dan tuntutan lingkungan fisik, sosial, budaya secara positif dan konstruktif,  baik secara  mandiri  maupun  dalam kerjasama,
  4. Mampu merumuskan pendekatan untuk menyelesaikan masalah dalam masyarakat dengan cara-cara  penalaran  ilmiah.